Bagi kamu yang mempunyai website baru ataupun baru mengupload postingan atau konten baru di website, tentu kamu ingin website/postingannya segera muncul dihasil pencarian Google. Sayangnya, postingan kamu baru akan muncul di hasil pencarian Google jika sudah terindeks oleh Google. Lalu apa hubungannya dengan Googlebot?

 

Apa itu Googlebot?

Googlebot adalah bot penelusuran web milik Google yang berfungsi untuk menemukan halaman web baru dan update untuk diindeks ke dalam google search. Setelah website ditelusuri oleh Googlebot, alamat web atau link postingan web/blog akan ditambahkan ke indeks Google dan dapat muncul di hasil pencarian Google. Jadi, kunjungan Googlebot ke website kamu lah yang membuat website kamu muncul di hasil pencarian Google.

Selama pengindeksan, Googlebot akan memproses informasi seperti tag, judul, atribut yang ada di website kita. Tentu ada beberapa faktor yang akan mempermudah Googlebot dalam mengumpulkan informasi yang ada di website kita. Misalnya membuat sitemap dan mendaftarkan website kita di Google Webmaster Tools. Tapi kali ini saya tidak akan membahas hal tersebut, yang ingin saya bahas adalah kapan Googlebot mengunjungi website ? Karena hal ini yang sempat membuat saya penasaran ketika pertama kali mempelajari tentang Googlebot dan proses pengindeksan Google.

 

Lalu kapan googlebot datang??

Bagi pengguna Cpanel, ada satu fitur yang bisa digunakan untuk mengetahui waktu kedatangan Googlebot ataupun bot-bot yang lain (Yahoo, Bing) ke website kita, yaitu AWStats. Cara penggunaannya adalah:

  • Login ke Cpanel
  • Pada kolom Metrics, pilih Awstats

 

Awstats

 

  • Setelah masuk ke menu Awstats, cari ‘Robots/Spiders visitors‘ di sidebar kiri

Kapan Googlebot mengunjungi website

 

  • Disitu kamu dapat melihat beberapa bot termasuk googlebot dan bot lainnya yang sudah mengunjungi website kita, lengkap dengan keterangan waktunya.Kapan Googlebot mengunjungi website

 

Kamu bisa menggunakan info tersebut untuk menganalisa kapan jadwal googlebot mengunjungi website kamu, atau ya sekedar menjawab rasa penasaran saja, seperti saya. Semoga bermanfaat .