Kirim Motor via Kantor Pos Indonesia

Sejak kerja di Jakarta, motor kesayangan dari jaman kuliah dulu jadi jarang digunakan. Karna gw ngekost di dekat kantor, hanya 3 menit jalan kaki dari kantor. Pergi kemana-mana pun lebih memilih menggunakan transportasi umum seperti TransJakarta dan KRL atau Ojek Online. Lebih dinamis aja, nggak mesti pusing nyari tempat parkir kalo lagi jalan, apalagi tarif
parkir di Jakarta kan lumayan. Tinggal duduk manis sampai tempat tujuan, ya hitung-hitung ikut mengurangi kemacetan di Jakarta juga kan.

Alhasil motor hanya terparkir manis di kost sampai berbulan bahkan bertahun, kadang malah jadi tempat naro sepatu sama tetangga kost, haha… Sayang banget kayaknya, mau dijual juga pasti harganya udah jatuh banget di Jakarta. Terpikir untuk kirim motor ke kampung aja,  karna waktu pulang kampung natalan, bapak sempat cerita kalau jual motor bekas disitu harganya masih lumayan, bahkan untuk motor yang surat-suratnya tidak lengkap.

Dulu gw pernah kirim motor dari Yogyakarta ke Jakarta menggunakan kargo kereta, tapi berhubung kali ini kirim motornya jari Jakarta ke Sumatera, nggak mungkin kalo kirim pakai kargo kereta. Setelah riset kecil di internet, gw memutuskan untuk menggunakan jasa Kantor Pos Indonesia, karna harga relatif lebih murah dan memang nggak terlalu buru-buru.

Di Kantor Pos, pengiriman paket motor ini termasuk dalam Paket Jumbo. Namun tidak semua kantor pos menyediakan layanan ini, hanya kantor pos tertentu atau kantor pos tingkat kabupaten yang punya layanan ini. Jadi kalau di kantor pos yang kecil-kecil gitu tidak bisa melayani pengiriman Pos Jumbo. Di Jakarta sendiri, salah satu yang melayani pengiriman motor
adalah Kantor Pos Besar yang berada di seberang Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Karena kantor Pos ini buka dari Senin sampai Sabtu, gw coba datang hari Sabtu karna lagi off ngantor. Sesampai disana ternyata info dari petugas, pengiriman motor hanya dilayani dari Senin sampai Jumat saja. Yah.. terpaksa pulang lagi dan kembali di hari Senin.

Senin pagi gw coba langsung ke Kantor Pos sebelum ngantor, sekitar jam 7 sudah sampai ternyata kantor pos belum buka. Selain untuk kirim paket, di Kantor Pos Besar ini juga ada fasilitas SIM keliling. Kantor Pos dan pelayanan SIM keliling sama-sama buka jam 07.30 .

Syarat untuk pengiriman motor di Kantor Pos hanya perlu bawa motor dan kuncinya saja, kemudian mengisi form formulir yang sudah disediakan. Tidak wajib melampirkan surat-surat kendaraan, tapi ya kalau memang mau sekalian mengirimkan motor beserta surat-suratnya ya bisa juga. Estimasi waktu pengiriman sekitar 2 (dua) minggu, dan motor hanya akan dikirim sampai Kantor Pos terdekat ya, tidak diantar samapi ke rumah atau alamat tujuan. Ketika motor sudah sampai, pihak kantor pos akan menghubungi nomor telepon penerima yang sudah kita isikan di formulir sebelumnya, jadi pastikan nomor telepon yang kalian catat di formulir
aktif. Saat pengiriman, bensin nantinya akan dikosongin sama pihak Kantor Pos, jadi saat mau kirim motor nggak perlu isi bensin banyak. Kaca spion juga akan dicopot dan disimpan terpisah.

Tarif pengiriman akan bergantung dengan jenis motor dan jarak kota pengiriman. Untuk motor bebek atau matic dibawah 150cc akan berbeda harganya dengan motor sport. Selain biaya kirim , juga ada biaya packing sebesar 170 ribu. Karna yang gw kirim ini motor matic , dan pengiriman dari Jakarta ke Lubuklinggau- Sumatera Selatan, total biaya pengiriman 837 ribu sudah dengan PPN dan biaya packing. Oh sebagai info gw kirim motor ini di bulan Januari 2019 ya, jadi mungkin tarif bisa berubah sewaktu-waktu.

Setelah beres, kita akan terima fotocopy formulir yang kita isi tadi dan nomor resi pengiriman yang bisa kita gunakan untuk melacak pengiriman. Tapi sayangnya informasi yang ditampilkan di website untuk lacak resinya tidak mendetail seperti fitur lacak resi JNE atau jasa paket lainnya. Untuk pengambilan motor di kantor pos, pastikan yang akan mengambil
motor menyiapkan bensin ya. Karna seperti yang gw ceritain diatas, bensinnya akan dikosongin.

Sekitar 11 hari kemudian, gw dikabarin kalau motornya sudah sampai dengan aman dan selamat. Yah berarti estimasi 2 minggu yang dijanjikan oleh pihak kantor pos memang sesuai dengan kenyataannya. Untuk kalian yang nggak buru-buru, pengiriman via Kantor Pos ini bisa dijadikan pertimbangan, namun untuk yang membutuhkan waktu lebih cepat mungkin bisa cari alternatif jasa pengiriman yang lain. Sekian pengalaman gw mengirimkan motor menggunakan jasa Kantor Pos Indonesia.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of