[TIPS & TRIK] : Membuat Tabel di WordPress menggunakan Ninja Tables

Bagi anda pengguna WordPress, mungkin pernah mengalami kesulitan ketika ingin membuat tabel pada post atau page. Masalahnya editor pada WordPress tidak menyediakan fitur bawaan untuk menampilkan tabel. Padahal terkadang tabel menjadi media penting untuk menyajikan data agar terlihat lebih rapi. Sebenarnya anda bisa saja membuat tabel dengan menggunakan kode HTML dan CSS pada editor, tapi tentunya anda harus memiliki pengetahuan seputar HTML dan CSS terlebih dahulu untuk membuat tabel di WordPress.

Untungnya WordPress menyediakan fitur untuk memudahkan kita melakukan hal diatas. Banyak plugins yang tersedia untuk memudahkan user membuat tabel pada postingannya. Saya sendiri sudah mencoba beberapa plugins, tapi sayangnya plugins yang saya coba belum responsive. Padahal fitur tampilan yang responsive sangat penting, karna sekarang banyak pengguna internet yang mengakses web melalui handphone. Akhirnya saya mencoba plugins Ninja Tables (link ninja tables). Menurut saya plugins ini sudah cukup bagus, dan yang paling penting sudah responsive. Penggunaannya juga cukup mudah, berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan masuk ke halaman dashboard WordPress anda
  • Pilih menu Plugins > Add New
  • Ketikkan keyword “Ninja Tables” pada kolom pencarian

plugins ninja tables

 

  • Install kemudian aktifkan plugins Ninja Tables
  • Pada dashboard anda akan muncul menu baru, menu Ninja Tables

menu ninja tables

  • Pilih All Tables, lalu klik tombol Add Table untuk membuat tabel baru

add tabel

  • Isi field yang tersedia, lalu klik tombol Add

add tabel

  • Klik pada tabel yang baru anda tambahkan , pada tab Table Configuration anda bisa menambahkan nama kolom pada tabel sekaligus menentukan jenis kolom (single line, multi line , atau html code). Pada tab ini anda juga bisa melakukan beberapa pengaturan seperti pagination, sorting, tema dan beberapa pengaturan lain.

add column

  • Setelah selesai menentukan kolom, Anda bisa menambahkan data pada tabel pada tab Table Rows. Selain cara ini, anda juga bisa memasukkan data ke dalam tabel dengan mengimport data dari file berformat *.csv .
  • Untuk menampilkan tabel pada postingan anda , silahkan copy code tabel.

short code Ninja Tables

  • Letakkan kode tadi pada postingan anda

postingan menggunakan short code Ninja Tables

 

Cukup simpel kan? Contoh postingan saya yang menggunakan Ninja Tables bisa dilihat di sini . Kekurangan dari plugins ini ada pada kustomisasi tabel yang masih sangat terbatas. Namun untuk keperluan yang sederhana, Ninja Tables masih cukup bisa diandalkan.

Demikian tutorial membuat tabel di WordPress menggunakan Ninja Tables. Anda juga bisa melihat tips-tips seputar wordpress lainnya di sini . Semoga bermanfaat.

 

Post Author: jadiapa

Suka menghayal

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz