Pengalaman reschedule penginapan Traveloka

Disclaimer : Saya tidak bekerja sama dengan Traveloka untuk tulisan ini dan sama sekali tidak dibayar oleh pihak Traveloka. Cerita ini murni pengalaman pribadi yang saya alami.

Pengalaman kali ini merupakan pengalaman pertama saya booking hotel/penginapan dengan menggunakan aplikasi Traveloka. Beberapa kali saya melakukan pesanan hotel menggunakan situs lain. Namun karena kebetulan saya mendapatkan voucher potongan harga dari pembelian tiket pesawat via Traveloka juga jadi saya memutuskan untuk memesan hotel/penginapan via Traveloka.

Cerita kali ini diawali rencana saya dan beberapa teman lari untuk mengikuti event lari BRI RUN 2017 yang kali ini diselenggarakan di Bogor. Sempat galau karena menurut rundown acara akan dimulai sekital pukul 5.00 WIB , sedangkan saya sendiri berdomisili di Jakarta. KRL dari Jakarta menuju Bogor baru berangkat jam segitu, jadi gak memungkinkan buat saya sampai tepat waktu di Bogor jika menggunakan KRL. Kendaraan pribadi? wah, jarak Jakarta – Bogor kan lumayan klo pake kendaraan pribadi , males juga. Akhirnya saya memutuskan untuk menginap di sekitaran Kebun Raya Bogor, tempat event lari diselenggarakan.

Setelah cari-cari tempat penginapan di sekitaran Kebun Raya Bogor, akhirnya dapat lah satu homestay yang jaraknya lumayan dekat dengan race venue dan harganya juga pas, saya pun melakukan reservasi. Namun karena kebijakan dari Traveloka yang mewajibkan pembayaran pesanan maksimal 1 jam setelah melakukan pesanan, akhirnya pesanan saya batal karena terlambat melakukan pembayaran. Selang beberapa jam kemudian saya kembali melakukan pesanan. Kali ini saya agak terburu-buru karna posisi sedang di kantor dan tidak mau terlambat melakukan pembayaran seperti sebelumnya. Setelah melakukan pembayaran dan semuanya beres. Barulah saya sadar kalau pesanan saya yg kedua salah tanggal. Harusnya saya melakukan pesanan untuk tanggal 9 Desember (acaranya tanggal 10 Des), tapi pesanan saya tanggal 4 Desember (karna default dari aplikasi tanggal saat melakukan pesanan). Agak panik juga karna kebetulan homestay ini tidak tersedia fasilitas refund di aplikasi Traveloka nya. FYI, di Traveloka ada beberapa hotel yang memang menyediakan fitur refund ada juga yang tidak.

Tak berselang lama, pihak dari homestay menghubungi saya menanyakan apakah perlu panduan menuju homestay. Karna memang pesanan di Traveloka untuk hari itu juga. Saya menjelaskan kepada pihak homestay bahwa saya salah pilih tanggal saat melakukan pesanan di Traveloka dan tidak ada fasilitas refund. Pihak homestay tidak mempermasalahkan reschedule karena untuk tanggal 9 Des sendiri, kamar masih tersedia. Sekarang tinggal memikirkan prosedurnya di Traveloka.

Saya membuat tiket melalui aplikasi Traveloka, tapi sayangnya setelah 1 jam belum ada jawaban sehingga saya mencoba live chat langsung dari web Traveloka. Setelah menjelaskan permasalahan saya, dan menceritakan bahwa saya sudah menghubungi pihak homestay, customer service Traveloka menanyakan beberapa info untuk verifikasi dan berjanji akan menghubungi lagi via email. Satu jam kemudian saya mendapat email dari Traveloka yang memberi kabar bahwa reservasi saya telah di re-schedule . Fyuhhh… aman deh. Untungnya proses re-schedule dari Traveloka mudah dan lancar jaya, saya jadi gak perlu pesan lagi , kan sayang uangnya , hehe…

Dihari saat saya menginap, saya check-in seperti biasa , tidak ada sesuatu yang aneh. Namun menjelang malam, pemilik homestay memberitahu saya jika kamar yang saya tempati ternyata double booking. Setelah saya booking via rescheduling traveloka, kamar tersebut ternyata masih bisa dibooking melalui traveloka dan orang yang booking sudah datang. Akhirnya pemilik homestay menawarkan satu kamar yang sepertinya bukan untuk disewakan sebagai pengganti. Saya sendiri tidak keberatan karena toh kamarnya sama nyamannya dengan kamar sebelumnya plus saya diberi satu bed tambahan gratis sebagai permintaan maaf dari homestay. Mungkin karena sebelumnya saya cerita berencana menginap bertiga dengan teman saya.

Pengalaman yang saya alami ini mungkin belum tentu terjadi juga dengan anda, walaupun dengan kasus yang sama. Mungkin tergantung kebijakan pihak hotel/penginapan dan faktor keberuntungan juga ya :D. Saran saja dari saya, ketika melakukan pesanan di Traveloka, pastikan semua data benar sebelum meneruskan ke proses pembayaran. Jika butuh bantuan dari pihak Traveloka, ada baiknya langsung menelpon atau menggunakan fasilitas live chat agar lebih cepat ditanggapi. Berikan informasi selengkap mungkin untuk mempercepat proses. Untuk pemesanan hotel/penginapan, mungkin ada baiknya juga menghubungi pihak hotel/penginapan, siapa tau bisa membantu.

 

 

Post Author: jadiapa

Suka menghayal

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar